Jumat, 24 Mei 2013

Final Liga Champions 2015 di Berlin, Jerman



Komite Eksekutif Asosiasi Sepak bola Eropa UEFA menetapkan stadion olympia berlin, jerman sebagai tuan rumah final liga champions 2015 mendatang, sementara final liga europa 2015 akan di gelar di national stadium warsawa, polandia. Dengan kepastian berlin akan menjadi tuan rumah final liga champions 2015, maka dengan demikian berlin, jerman delapan kali menjadi tuan rumah partai final kompetisi paling bergengsi di eropa tersebut. Terakhir, jerman menyelenggarakan final liga champions musim lalu, bertempat di kandang bayern muenchen di allianz arena.

Namun demikian, ini akan menjadi pertama kalinya bagi stadion olympia menjadi penyelenggara final liga champions. Stadion ini pertama kali dibangun tahun 1936 saat jerman menjadi utan rumah olimpiade dan merupakan kandang klub ibu kota hertha berlin yang baru memastikan promosi ke bundesliga 1.

Pemilihan kota berlin sebagai tuan rumah final liga champions 2015 ini disambut gembira oleh president federasi sepak bola jerman DFB, wolfgang niersbach. Menurut niersbach saat pertandingan di muenchen tahun 2012 lalu, niersbach sudah memberitahu michel platini (presiden UEFA) bahwa ingin menjadi tuan rumah liga champions dalam waktu dekat dan ternyata keinginan tersebut terkabulkan sangat cepat. Niersbach menantikan pesta sepak bola terbesar di berlin.

Final liga champions musim ini bertempat di stadioan wembley, london yang akan mempertemukan dua klub besar jerman di final yaitu borussia dortmund dan bayern muenchen. Dua klub ini menjadi klub raksasa yang mampu mengalahkan klub besar dari liga lain yaitu real madrid yang berhasil dikalahkan oleh borussia dortmund dan tiga klub besar seperti arsenal, juventus, dan barcelona yang dikalahkan oleh bayern muenchen.

0 komentar:

Posting Komentar